Kamis, 19 Februari 2009

MADING FISIKA

Biasanya peminat pelajaran IPA di SMA jumlahnya cukup sedikit dibandingkan peminat pelajaran IPS. Buktinya hitung saja jumlah kelas IPA dan jumlah kelas IPS. Pasti (atau seringnya) lebih banyak jumlah kelas IPS. Mengapa demikian? Mungkin karena disebabkan pelajaran IPA (Fisika, kimia dan matematika) seringkali dianggap pelajaran yang susah! Masih lebih mudah pelajaran IPS yang menghitungnya tidak ada (lebih sedikit).

Harus diakui, inilah fenomena yang terjadi. Maka, tugas guru-guru mata pelajaran IPA-lah yang harus memikirkan trik-trik dan tips-tips agar pelajaran ini tidak menjadi momok yang cukup menakutkan bagi sebagian besar siswa SMA di Indonesia.

Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memafaatkan tugas proyek siswa, yaitu proyek mading fisika. Cobalah perhatikan contoh di bawah ini.







Foto-foto di atas adalah hasil kreasi anak-anak SMA kelas XII IPA. Ya! Dengan memberi mereka tugas proyek mading fisika yang hasilnya ditempelkan diseputar sekolah, maka ada bebrapa keuntungan yang kita peroleh :
1. Motivasi atau ketertarikan siswa terhadap fisika semakin bertambah
2. Pengetahuan mereka makin luas untuk melihat menariknya ilmu fisika
3. Dapat membuat siswa-siswa kelas lain juga menikmati indahnya pelajaran fisika ini

Tugas MADING FISIKA ini diberikan dengan kriteria sebagai berikut :
1. Mengerjakan secara berkelompok @ 2 orang.
2. Topik mading adalah fisika, isinya harus ada kaitannya dengan topik-topik fisika dan tidak perlu harus sesuai pelajaran di kelas.
3. Gambar dan tulisan artikel boleh dalam tulisan tangan, digunting dari majalah atau koran, atau print komputer dengan memakai warna-warna dan diperbolehkan perbedaan tipe huruf.
4. Peletakan artikel maupun gambar tidak kau, tetapi menarik minat orang untuk membaca.
5. Dikerjakan diatas 1 lembar karton spotlight atau sejenisnya yang dilapis oleh plastik trasparan agar tidak kotor atau basah karena hujan.
6. Intinya harus menarik. Orang yang melihat dari jauh langsung tertrik dan orang yang membaca isinyapun tidak cepat bosan.
7. Sebelum ditempelkan di sekeliling sekolah harus diperiksa dulu oleh guru.

Adapun kriteria penilaian proyek ini adalah :
1. Keterkaitan isi mading dengan topik fisika.
2. Isi mading yang jelas dan gamblang membuat pembacanya mengetahui sesuatu yang baru tentang fisika.
3. Estetika mading yang menarik (huruf, warna, gambar, peletakan artikel dan gambar, dll)

Penilaian diberikan untuk setiap point lalu dirata-ratakan, sbb :
Nilai A rentangnya dari 85 - 100
Nilai B rentangnya dari 75 - 84
Nilai C rentangnya dari 65 - 74
Nilai D rentangnya dari 55 - 64
Bilai E rentangnya dari 0 - 55

Proyek ini memberikan penilaian pada bidang psikomotorik.
Selamat memberikan proyek mading fisika.

3 komentar:

  1. Sangat bermanfaat. Kebetulan ini proker ppl. Ijin copy yaaa..terimakasiih

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat. Kebetulan ini proker ppl. Ijin copy yaaa..terimakasiih

    BalasHapus