Minggu, 11 Januari 2009

Gerak GLBB Horizontal untuk Benda Tunggal

Seperti telah kita ketahui, Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLLB) memiliki banyak sekali variasi soal-soal. Tetapi untuk pergerakan horizontal oleh benda tunggal, kita bisa mengelompokkannya hanya menjadi 10 variasi soal saja. Mengapa demikian? Gerak Lurus Berubah Beraturan sebenarnya hanya mempunyai 5 komponen fisika saja, yaitu :

==> Percepatan (a)
==> Kecepatan Awal (V0)
==> Kecepatan Akhir (Vt)
==> Selang Waktu (t)
==> Jarak Tempuh (s)

Dari kelima komponen tersebut, sebuah persoalan GLBB hanya terdiri dari tiga komponen yang diketahui besarnya, sedangkan 2 komponen lagi dicari besarnya. Perhatikan saja keempat rumus GLBB dibawah ini :

==> Vt = V0 + a.t --> Rumus ini tidak memasukkan komponen s
==> Vt2 = V02 + 2.a.s --> Rumus ini tidak memasukkan komponen t
==> s = V0.t + ½.a.t2 --> Rumus ini tidak memasukkan komponen Vt
==> s = (V0 + Vt). ½.t --> Rumus ini tidak memasukkan komponen a

Keempat rumus GLBB yang sering digunakan masing-masing hanyalah mengandung 4 komponen fisika saja. Dalam sebuah soal, tiga komponen haruslah diketahui baru komponen lainnya bisa dikerjakan. Karena itu kita bisa membuat 10 buah variasi soal (untuk benda tunggal), yaitu :

1. Diketahui komponen a, s, t, dicari komponen Vt dan atau V0
2. Diketahui komponen a, s, Vt dicari komponen V0 dan atau t
3. Diketahui komponen a, s, V0 dicari komponen Vt dan atau t
4. Diketahui komponen a, Vt, t dicari komponen V0 dan atau s
5. Diketahui komponen a, V0, t dicari komponen Vt dan atau s
6. Diketahui komponen Vo, s, t dicari komponen a dan atau Vt
7. Diketahui komponen Vt, s, t dicari komponen a dan atau V0
8. Diketahui komponen Vo, Vt, t dicari komponen a dan atau s
9. Diketahui komponen Vo, Vt, s dicari komponen a dan atau t
10.Diketahui komponen Vo, Vt, a dicari komponen t dan atau s

Jadi, jika kita ingin membuat soal-soal latihan GLBB horizontal dimana benda yang bergerak adalah tunggal, maka kita bisa membuat sampai 20 variasi soal yang berbeda jika yang ditanyakan hanya satu komponen saja.

Benda tunggal yang bergerak ini bisa berupa : mobil, kereta, roket, batu, sepeda, truk, ambulans, kapal, perahu, anjing, kucing, orang berjalan, orang berlari, pesawat terbang, motor, singa, kelinci, arus sungai, dan lain sebagainya.

So, gak usah susah lagi untuk membuat variasi soalnya ya...

Untuk menarik perhatian siswa lebih dalam pada persoalan GLBB ini, kita juga bisa menerapkan metode Fisika Gasing-nya Profesor Yohanes Surya dalam memecahkan soal-soal GLBB, selain tidak perlu menghafalkan rumus, juga asyik dan menyenangkan, Terimakasih Profesor Yo atas sumbangannya dalam bidang Fisika SMA.

1 komentar:

  1. Sebuah kereta yang mula2 diam dijalankan dengan kecepatan tetap sehngga mencapai keceptan 108 km/jam dlm waktu 1/2 menit kemudian kereta berjalan dengan kecepatan tetap selama 2 menit lalu diperlambat beraturan sampai berhenti. Jika jarak seluruhnya yang ditempuh selama itu 4,95 km. Maka berapakan waktu perjalanan kereta api seluruhnya sejak berangkat sampai berhenti lagi ??
    uliya.putri@gmail.com

    BalasHapus